Bansos Terbaru Bulan Ini Segera Cair, Cek Namamu di Sini

Cek Sekarang : [Klik BUKA / OPEN DI ATAS]

Bansos atau bantuan sosial adalah bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan, pemerintah akan menetapkan syarat atau kondisi tertentu penerima yang berhak mendapatkan bantuan sejumlah uang maupun jenis bantuan lainnya.

Program bantuan sosial merupakan program kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Kemensos dan dapat diperiksa updatenya secara berkala melalui situs Kemensos. Selain mendapatkan informasi dari perangkat desa, cari tahu sendiri juga lebih efektif.

Cara Memeriksa Nama Penerima Bansos

Berkat kemajuan teknologi, sekarang setiap orang bisa memeriksa dirinya terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak melalui media internet. Tanpa harus bertanya berlapis ke beberapa petugas pemerintahan yang cenderung memakan waktu lebih lama.

Untuk memeriksa apakah Anda tercatat sebagai penerima atau tidak bisa dengan mengunjungi situs https://cekbansos.kemensos.go.id/. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut:

Cek Sekarang : [Klik BUKA / OPEN DI ATAS]
  1. Isi wilayah penerima manfaat atau penerima bansos dengan menginput lokasi provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan juga desa secara tepat.
  2. Mengisi nama penerima manfaat, bisa Anda sendiri atau orang lain yang meminta bantuan memeriksa status penerimaan dengan nama lengkap dan jelas.
  3. Masukkan huruf kode sesuai dengan yang tertera pada kotak. Di sana ada 8 kata dengan spasi, namun Anda harus memasukkannya tanpa spasi
  4. Setelah diisi, selanjutnya klik Cari Data untuk membiarkan sistem bekerja dan menampilkan hasilnya
  5. Jika tercatat sebagai penerima, nama Anda akan muncul di layar sekaligus riwayat pencairan bantuannya
  6. Jika tidak tercatat, maka Anda bukan penerima manfaat yang disebabkan oleh banyak faktor

Penting untuk dicatat bahwa sistem pencarian situs akan menampilkan hasil berdasarkan lokasi yang Anda input. Jadi, pastikan semua data sudah diisi dengan tepat melalui pemeriksaan berlapis agar menghindari terjadinya kesalahan memasukkan data.

Langkah Setelah Memeriksa Penerima Manfaat

Ketika sistem sudah bekerja dan menunjukkan apakah nama Anda tertera sebagai penerima manfaat atau tidak, tentu ada langkah berikutnya yang harus dilakukan. Jika hasilnya ternyata tercatat sebagai penerima, maka selanjutnya tinggal tunggu update informasi.

Biasanya Anda tinggal menunggu waktu pencairan bantuan dan menggunakannya untuk hal penting serta bermanfaat. Tetapi, bagaimana kasusnya jika nama Anda ternyata tidak terdaftar sebagai penerima manfaat? Tentu ada alasan tersendiri.

Berbagai alasan nama Anda ditolak sebagai penerima manfaat bisa jadi karena salah satu faktor di bawah ini:

  1. Sudah menerima bantuan dari Program Keluarga Harapan
  2. Merupakan penerima Bantuan Pangan Non Tunai dan Bantuan Pangan Non Tunai Perluasan
  3. Penerima BLT dari Kemensos
  4. Merupakan penerima bantuan dari Presiden
  5. Merupakan penerima bantuan dari Provinsi DTKS
  6. Anda adalah penerima bantuan tingkat Kabupaten atau Kota
  7. Merupakan penerima bantuan dari desa

Berdasarkan banyak faktor penyebabnya, bisa jadi Anda sudah tercatat sebagai penerima salah satu bansos di atas. Pemerintah mencoba adil dengan menyebarkan bansos ke seluruh masyarakat di penjuru Indonesia.

Cara Daftar Bansos Secara Online

Jika ketinggalan informasi dan terlewat mendapatkan kesempatan menerima bantuan pada periode sebelumnya, Anda bisa ikut periode berikutnya. Ancang-ancang sebelum periode baru dibuka, ketahui dulu bagaimana caranya mendaftarkan diri secara online.

Modal handphone dan koneksi internet saja Anda sudah bisa merasakan manfaat sebagai penerima manfaat. Untuk langkah-langkah pendaftarannya bisa mengikuti proses berikut:

  1. Unduh Aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu pada smartphone Anda. Pastikan mengunduh aplikasi asli yang hanya dikeluarkan oleh Kemensos
  2. Buat akun baru dan isi semua data yang dibutuhkan, seperti nomor pada kartu keluarga dan NIK pada KTP. Penuhi syarat foto selfie dan foto KTP juga
  3. Selanjutnya Kementerian Sosial akan melakukan proses verifikasi pendaftaran
  4. Sampai sini, akun Anda akan diaktivasi dan hasilnya bisa dilihat pada aplikasi langsung
  5. Setelah akun diaktivasi, baru Anda bisa mengoperasikannya dengan log in menggunakan email dan password yang tadi didaftarkan
  6. Masuk ke menu daftar usulan kemudian isi data yang diminta persis seperti pada KTP Anda. Anda bisa membantu banyak orang dengan klik tambah usulan kemudian input nama orang-orang yang ingin diperiksa statusnya penerima atau bukan
  7. Jika hasil input data mengantarkan Anda ke DTKS atau data terpadu kesejahteraan sosial maka silakan masuk ke menu Pilih Jenis Bansos
  8. Sampai sini usul sudah dikirim ke Kemensos, selanjutnya Kemensos akan melakukan verifikasi dan validasi berkas
  9. Setelah itu Anda tinggal menunggu sampai Kementerian Sosial mengupdate data penerima manfaat pada situs https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Kini, untuk mendaftar sebagai penerima bantuan sosial tidak perlu lagi melalui RT RW setempat. Anda bisa mengurus sendiri proses penerimaan bantuan dengan menginput semua data secara tepat dan anti ribet sebab cukup dengan cara terkoneksi ke internet saja.

Manfaat Bantuan Sosial untuk Masyarakat

Manfaat umum bantuan sosial kepada masyarakat dari pemerintah adalah dalam rangka menyelamatkan Indonesia dari resesi. Program bansos sudah ada sejak lama, namun kemudian semakin gencar gaungnya setelah Indonesia terdampak covid-19.

Apa maksudnya menghindari resesi? Beberapa hal yang menjadi fokus pemerintah setelah meluncurkan banyak bantuan adalah:

  1. Daya beli masyarakat diharapkan dapat meningkat sehingga perekonomian Indonesia semakin stabil
  2. Mendorong konsumsi masyarakat agar dapat terpenuhi dengan baik tanpa menyebabkan masalah ekonomi
  3. Mendorong perekonomian Indonesia untuk lebih baik dengan mensejahterakan rakyatnya
  4. Mempercepat untuk penyerapan anggaran dari program PEN atau pemulihan ekonomi nasional

Keempat poin di atas menjadi poin-poin penting untuk mencegah terjadinya resesi di Indonesia. Manfaat lain dari pemberian bantuan sosial pemerintah kepada rakyat adalah meningkatkan konsumsi rumah tangga.

Contoh meningkatkan konsumsi rumah tangga adalah dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada semua orang terkena dampak corona. Pemerintah rutin menurunkan bantuan sebagai bentuk gotong royong dalam menghadapi pandemi covid-19.

Deskripsi: Bansos atau bantuan sosial adalah bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan, pemerintah akan menetapkan syarat bagi yang berhak menerima.

Tags: